Cara Agar Pohon Durian Pendek Berbuah Lebat

Cara Agar Pohon Durian Pendek Berbuah Lebat

Durian dikenal sebagai rajanya buah-buahan, terutama di Asia Tenggara karena rasanya yang lezat, daging buahnya yang tebal, dan aromanya yang khas. Banyak orang yang membudidayakan durian karena selain dapat mengisi waktu luang dan menyalurkan hobi, memelihara pohon durian juga dapat menjadi sumber penghasilan tambahan yang cukup lumayan mengingat tingginya permintaan buah dan  harga buah durian yang dibiang cukup stabil.

Menanam durian tergolong mudah, namun agar pohon durian anda dapat berbuah lebat, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan. Pertama lokasi penanaman pohon durian akan berpengaruh kepada pertumbuhannya. Kedua campur tangan pemilik dan perawatan yang tepat akan menjadikan durian cepat berbuah dan hasilnya berkualitas tinggi.

Cara Agar Pohon Durian Pendek Berbuah Lebat

Berikut ini adalah langkah-langkah yang harus diperhatikan dalam merawat pohon durian agar dapat berbuah lebat :

cara-agar-pohon-durian-pendek-berbuah-lebat.jpg
masa-panen-durian

Konsultasi Gratis +6281227677635​⁠​ (Mas Aditya)
Pelayanan Ramah dan Santun

Penentuan Lokasi

penentuan-lokasi-penanaman
penentuan-lokasi-penanaman

Konsultasi Gratis +6281227677635​⁠​ (Mas Aditya)
Pelayanan Ramah dan Santun

Menentukan lokasi penanaman atau lahan kebun buah durian merupakan hal yang sangat penting. Karena durian memiliki beberapa syarat agar bisa tumbuh dengan subur, seperti :

  • Penanaman dilakukan pada lahan dengan ketinggian 50-1000 m diatas permukaan laut.
  • Tipe tanah lempung berpasir yang memiliki banyak kandungan organik dan unsur hara.
  • Suhu lahan berkisar antara 21 sampai 30 derajat Celcius.
  • Memiliki curah hujan 1.500 hingga 2.500 mm per tahun.
  • Lahan memiliki pH tanah sebesar 6-7.

Pembibitan

bibit-durian
pemilihan-bibit-durian

Konsultasi Gratis +6281227677635​⁠​ (Mas Aditya)
Pelayanan Ramah dan Santun

Bibit yang berasal dari varietas unggulan akan menentukan pertumbuhan dan kualitas pohon durian Anda. Selain itu, bibit durian harus bebas dari segala macam hama penyakit. Ada beberapa jenis bibit durian yang keunggulannya sudah diakui seperti durian monthong, Musangking, dan Bawor. Selain itu perhatikan pula kondisi bibit, bibit yang ideal umumnya memiliki ciri-ciri seperti berdaun banyak, bebas hama penyakit, batang kokoh dan terdapat banyak tunas baru. Jika Anda menginginkan hasil panen yang melimpah sebaiknya gunakan bibit-bibit unggulan tersebut yang dibeli di tempat pembibitan yang terpercaya .

Penanaman

lubang-tanam-pohon-durian
lubang-tanam-bibit-durian

Konsultasi Gratis +6285799029676​⁠​ (Mas Aditya)
Pelayanan Ramah dan Santun

Setelah Anda mendapatkan bibit unggulan, sebaiknya jangan langsung ditanam tetapi ditaruh dulu di dekat lokasi tanam agar dapat menyesuaikan diri dengan lingkungannya yang baru. Sementara itu bersihkanlah lahan dari gulma atau tanaman liar yang mengganggu kemudian dicangkul agar gembur lalu campurkan pupuk dan diamkan selama kurang lebih seminggu agar pupuk terserap sempurna oleh tanah. Setelah itu buatlah lubang dengan jarak antar lubang kurang lebih 8x8m, lalu tanam bibit Anda disitu. Bibit durian sebaiknya dimasukkan dalam posisi tegak, lalu timbun dengan tanah hingga batas leher akar.

Perawatan

perawatan-pohon-durian
perawatan-pohon-durian

Konsultasi Gratis +6281227677635​⁠​ (Mas Aditya)
Pelayanan Ramah dan Santun

Durian membutuhkan banyak air sehingga perlu penyiraman secara teratur setiap hari pada awal masa tanam. Oleh karena penyiraman secara rutin ini, tanah seringkali menjadi padat sehingga perlu digemburkan dan disiangi agar peresapan air dan sirkulasi udara kembali lancar.

Dalam membersihkan gulma atau tanaman liar yang tumbuh kemudian, sebaiknya jangan menggunakan cangkul karena dapat merusak akar tanaman.

Setelah kurang lebih 3 bulan ditanam, berikanlah pupuk buatan sebanyak 200g per pohon dengan rutin setiap 4 bulan sekali hingga tanaman berusia 3 tahun. Selain itu jangan lupa memberikan pupuk kompos atau pupuk kandang yang sudah matang setiap tahunnya.

Pemangkasan

pemangkasan-pohon-durian
pemangkasan-pohon-durian

Konsultasi Gratis +6281227677635​⁠​ (Mas Aditya)
Pelayanan Ramah dan Santun

  1. Pembentukan tajuk mulai diatur sejak tanaman berumur satu tahun. Batang utama dapat dipelihara sampai kira-kira setinggi 70—100 cm. Pilihlah hanya satu batang utama. Bila terbentuk dua batang utama, potonglah salah satunya. Setelah batang utama mencapai 1 m, pangkas pucuknya dan biarkan tumbuh tunas-tunas baru dan calon cabang primer. Pilih 6—10 calon cabang primer yang posisinya simetris supaya terjadi keseimbangan antara bentuk tajuk dengan percabangannya.
  2. Selama proses pertumbuhan, singkirkan tunas-tunas liar di sekitar dahan. Mahkota tajuk dapat berbentuk cembung, seperti payung terbuka atau piramida.
  3. Bagian pohon setinggi 2—3 m merupakan tajuk mahkota, sedangkan batang pokoknya yang kokoh sepanjang 0,7—1 m sebagai penyangga.
  4. Pembentukan tajuk dilakukan dengan memelihara satu batang utama dan 10 calon cabang primer terpilih dan pembentukan tanaman harus diusahakan supaya terjadi keseimbangan antara bentuk tajuk dengan percabangannya.
  5. Pemangkasan sebaiknya dilakukan dengan menggunakan gunting pangkas untuk ranting dan gergaji pada batang yang besar.
  6. Saat pohon sudah mencapai tinggi 2-3m bisa dilakukan pemangkasan batang utama pada tajuk paling atas,pemangkasan disarankan skitar 50cm dr ujung tajuk ke bawah dengan menggunakan gergaji yang tajam supaya potongan rapi dan tidak terbelah.

 

Fungsi Pemangkasan

  1. Untuk membentuk tajuk pohon, dengan memotong bagian atas batang utama dan diharapkan nantinya akan tumbuh tunas baru, ambil dan pelihara antara 3-4 tunas yang akan menjadi tajuk pohon.  Makin banyak cabang, maka makin banyak daun dan makin banyak kemungkinan akan muncul bunga dan buah.
  2. Untuk pemeliharaan, pemangkasan ini untuk membuang bagian cabang dan ranting yang sudah tidak produktif lagi atau bentuk yang tidak sempurna.
  3. Untuk peremajaan, pemangkasan ini termasuk total prunning, semua bagian daun dan ranting dibuang semua agar tumbuh tunas baru yang lebig produktif, pemangkasan ini juga untuk mengatasi serangan hama seperti ulat yang sudah terlalu banyak.

 

Panen

durian
masa-panen-durian

Konsultasi Gratis +6281227677635​⁠​ (Mas Aditya)
Pelayanan Ramah dan Santun

Setelah melewati tahap-tahap diatas Anda harus bersiap-siap untuk memanennya, tergantung dari varietas yang Anda gunakan. Sebagai contoh, durian lokal umumnya dapat dipanen setelah berusia 8-10 tahun sejak masa tanam, sementara durian monthong dapat dipanen dalam kurun waktu 3-4 tahun setelah masa tanam. Buah durian yang sudah masak dan cukup besar sebaiknya diikat menggunakan tali rafia, untuk menghindari kecelakaan akibat tertimpa buah durian yang jatuh.

Buah durian yang sudah siap untuk dipanen umumnya memiliki ciri-ciri ujung durinya kecoklatan, mengeluarkan aroma harum khas durian, warna garis diantara duri terlihat kontras, dan terdengar bunyi menggema apabila durian dipukul.

Setelah buahnya habis dipanen, sebaiknya dilakukan pemupukan ulang dan perawatan seperti memotong ruas-ruas cabang yang rusak, sehingga pohon durian tetap sehat dan dapat berbuah kembali pada tahun berikutnya.

Baca Juga :

Keistiwewaan Durian Musangking

Mengenal Jenis-Jenis Kelengkeng Unggulan

Cara Perawatan Bibit Pasca Pengiriman

— : Info Produk Dan Pemesanan : —

Informasi & Pemesanan 6281227677635​⁠​ ( Mas Aditya)

Silahkan Menghubungi Toko Kami 24 Jam Online

Kami Melayani Pemesanan Secara Eceran Dan Agen
Pengiriman Ke Seluruh Kota Di Indonesia, Dengan Menggunakan Jasa Pengiriman Terpercaya. 

kata terkait :

cara,cara agar, cara agar pohon, cara agar pohon durian, cara agar pohon durian pendek, cara agar pohon durian pendek berbuah lebat, cara agar pohon durian berbuah lebat,cara agar pohon durian cepat berbuah,cara buahkan pohon durian, cara tanam pohon durian, tips buahkan pohon durian,cara pemangkasan pohon durian,